-->
Belum Tahu? Inilah 10 Sungai Terpanjang di Indonesia!

Belum Tahu? Inilah 10 Sungai Terpanjang di Indonesia!

Sungai Terpanjang di Indonesia - Sungai telah menjadi pusat peradaban sejak berabad-abad yang lalu, dan di seluruh dunia. Sejarah mencatat budaya dan peradaban Mesir yang terletak di dekat Sungai Nil, Mespotamian di Tigris.

Hal yang sama dapat ditemukan di sini, Indonesia. Jakarta, Ibukota Indonesia dibangun di sekitar beberapa sungai seperti Ciliwung dan Citarum.

Sungai telah memainkan peran penting dalam kehidupan orang Indonesia di masa lalu dan sekarang. Sungai telah digunakan tidak hanya sebagai penyedia air untuk penggunaan sehari-hari tetapi juga untuk mengangkut orang dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa budaya dan orang ditemukan hidup bahkan di permukaan sungai.

Ada banyak sungai panjang di negara ini. Beberapa dari mereka memiliki panjang lebih dari 1000 kilometer.

Hampir semua sungai panjang di Indonesia terletak di lima Kepulauan besar, terutama Kalimantan (Kalimantan), Papua, dan Sumatera. Sungai-sungai di Jawa dan Sulawesi jauh lebih pendek daripada rekan-rekan mereka di ketiga pulau tersebut. Hanya satu sungai terpanjang di Indonesia di Jawa dan tidak ada di Sulawesi.

Apakah Anda ingin tahu sungai terpanjang di Indonesia, ini dia. di Sejujurnya.com Anda dapat menemukannya di daftar di bawah ini.

1. Sungai Kapuas


Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.143 km. Sungai ini terletak di pulau Kalimantan. Salah satu ujung air berada di Muller dan yang lainnya di Selat Karimata.



Sungai ini memiliki fungsi yang sangat penting, terutama bagi penduduk di daerah yang dilaluinya. Mereka menggunakannya sebagai alat transportasi, termasuk mengirim kayu gelondongan dari area penebangan ke tempat penggergajian kayu.

2. Sungai Mahakam


Setelah Sungai Kapuas, ada Sungai Mahakam yang menempati urutan kedua dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia.


Sungai ini juga terletak di pulau Kalimantan (Kalimantan), lebih tepatnya di Kalimantan Timur. Panjang sungai ini mencapai 909 km.

Hilir terletak di Selat Makassar. Sama dengan Sungai Kapuas, sungai telah menjadi sumber kehidupan bagi banyak orang yang tinggal di dekat sungai.

3. Sungai Barito


Sungai Barito juga ada di pulau Kalimantan.

Sungai ini memiliki panjang 909 km, mirip dengan Sungai Mahakam.


Sungai ini bermuara di daerah hulu di Kalimantan, yaitu gunung Muller. Sungai terpanjang ketiga ini melintasi dua provinsi, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

4. Sungai Batang hari


Sungai Batang Hari adalah salah satu sungai terpanjang di Pulau Sumatera.


Sungai ini memiliki panjang 800 km, hulu adalah dari Gunung Rasan dan hilirnya di Muara Sabak, bagian timur pulau Sumatera.

5. Sungai Musi


Sungai Musi memiliki panjang 750 km dan terletak di pulau Sumatera, Sumatera Selatan, lebih tepatnya.


Ini adalah sungai terpanjang kedua, setelah Sungai Batang Hari di pulau itu. Hulu terletak di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sedangkan hilir berada di Wilayah Breech, bagian timur pulau Sumatera.

6. Sungai Indragiri


rAnother River di Sumatera yang juga termasuk dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Indragiri di provinsi Riau.


Sungai ini memiliki panjang 500 km. Aliran sungai berasal dari dua sungai bernama Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar.

7. Sungai Mamberamo


Sungai Memberamo ada di Papua. Panjang sungai ini mencapai 670 km. Sumber air berasal dari pertemuan beberapa anak sungai yaitu Sungai Tariku, sungai Taritatu dan sungai Daalen.


Hilir sungai terletak di Samudra Pasifik.

8. Sungai Digul


Sungai terpanjang di Indonesia lainnya terletak di Papua, Sungai Digul.


Panjang sungai ini mencapai 525 km dengan mata air berasal dari pegunungan dan hilir di laut Maoke Arafuru.

9. Sungai Seruyan


Sungai ini terletak di Kalimantan Tengah dan memiliki panjang 350 km, jauh lebih pendek dari 3 sungai terpanjang pertama yang ada di Pulau Kalimantan tetapi masih lebih panjang dari sungai terpanjang di Jawa.


Air di sungai berasal dari mata air di bagian utara Provinsi Kalimantan Tengah.

10. Sungai Bengawan Solo


Mungkin Anda sudah cukup akrab dengan Sungai Bengawan Solo.

Nama sungai digunakan sebagai judul lagu fammous di Indonesia. Aliran sungai berasal dari mata air Gunung Lawu ke Laut Jawa. Panjang alirannya adalah sekitar 300 kilometer.


Bengawan Solo adalah satu-satunya sungai di Jawa yang dapat dimasukkan ke dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts